HIPOTESIS LINTASAN BELAJAR




HIPOTESIS LINTASAN BELAJAR

A.    Tujuan Pembelajaran
Membantu siswa untuk memahami konsep menentukan rata-rata data tunggal pada bilangan asli.
Indikator:
1)      Siswa dapat menentukan jumlah data pada data tunggal bilangan asli misalnya: data ( 27 79 69 40 55 88 61 42 36 61 ) jadi jumlah data adalah (27 + 79 + 69 + 40 55 + 88 + 61 + 42 + 36 + 61 = 558 )
2)      Siswa dapat menentukan banyak data pada data tunggal bilangan asli misalnya: data (27 79 69 40 55 88 61 42 36 61 = 10 )
3)      Siswa dapat menentkan dan mengetahui persamaan atau rumus  menetukan rata – rata data tunggal pada bilangan asli misalnya:  
B.     Prasyarat siswa sasaran
Siswa telah memahami:
1.      Konsep bilangan asli
2.      Konsep penjumlahan bilangan pada bilangan asli
3.      Konsep pembagian pada bilangan asli
4.      Konsep angka penting
5.      Konsep notasi sigma (  )
Tujuan dan Indikator
1.    Apakah indikator sesuai dengan tujuan pembelajaran ?
2.    Apakah konsep matematika yang dijabarkan pada tujuan dan indikator sesuai dengan konsep matematika yang sebenarnya ?
3.    Apakah tujuan pembelajaran beserta indikatornya dapat dicapai dalam satu kali tatap muka?
4.    Apakah materi prasyarat sudah sesuai dengan syarat siswa mencpai tujuan pembelajaran ?

Catatan pakar:
 















C.  Kegiatan 1: Eksplorasi Masalah (±10 menit)
1.      Tujuan Pembelajaran
Memperkenalkan kontek masalah kepada siswa sebagai dasar untuk mengarahkan siswa kepada ide awal mengenai konsep rata-rata data tunggal pada bilangan asli.
2.      Bentuk kegiatan
Guru mengajak siswa untuk menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan jumlah data dan banyak data. Pertama guru memaparkan sebuah masalah matematika sebagai berikut:
Ada tiga orang anak yang membeli kelereng yakni anak pertama membeli 5 kelereng, anak kedua membeli 3 kelereng dan anak yang ketiga membeli 4 kelereng. Berapakah rata-rata kelereng yang dibeli oleh ketiga anak tersebut ?.
 Jika siswa telah memahami masalah tersebut, Setelah itu, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan  Setiap kelompok terdiri dari 3 orang.
3.      Hipotesis Respon Siswa
Siswa akan memperhatikan penjelasan konteks masalah yang  disampaikan oleh guru setelah itu siswa akan membagi dirinya menjadi beberapa kelompok. Siswa membagi dirinya menjadi beberapa kelompok dengan berbagai macam pertimbangan dan siswa akan mengalami perdebatan mengenai pemilihan anggota kelompoknya.
D.    Kegiatan 2: Kongres Matematika (±15 menit)
1.      Tujuan Pembelajaran
Menghimpun informasi dari kegiatan pembelajaran sebelumnya sebagai bahan diskusi untuk mengarahkan pemahaman siswa mengenai rata – rata data tunggal pada bilangan asli.
2.      Bentuk kegiatan
Siswa melakukan diskusi kelompok dan memecahkan konteks masalah yang disampaikan oleh guru pada kegiatan sebelumnya. Setelah itu, menyuruh siswa untuk mendaftarkan hasil diskusi pada table berikut:
Tabel: Rata-rata data tunggal
Anak ke-
Jumlah Kelereng yang dibeli
Jumlah Kelereng seluruhnya
( ∑xi )
Banyak anak yang membeli  kelereng
( n )
Rata –rata
I




II

III


3.      Hipotesis lintasan belajar
Siswa akan saling memberikan pendapat dan usulan tentang hasil analisisnya terhadap konteks masalah yang disampaikan oleh guru dan siswa tidak akan mengalami kesultian dalam mengisi kolom-kolom pada tabel sesuai dengan konteks masalah.

E.     Kegiatan 3: Kegiatan Lanjutan (±20 menit)
1.      Kegiatan Pembelajaran
Menemukan rata – rata dari konteks masalah yang telah disampaikan.
2.      Bentuk Kegiatan
Guru memerintahkan perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya denga cara mencari rata-rata dari konteks masalah yang telah disampaikan dipapan tulis dan menjelaskannya.
3.      Hipotesis Lintasan Belajar
Siswa akan memilih perwakilan dari kelompoknya yang akan mempresentasikan hasil diskusi dan siswa biasanya akan merasa mengalami ketakutan dan tidak percaya diri untuk menyampaikan hasil diskusinya.
F.     Kegiatan 3: Kegiatan Akhir (±15 menit)
1.      Kegiatan Pembelajaran
Guru mengkonstruksi pemahaman siswa mengenai rata-rata data tunggal pada bilangan asli
2.      Bentuk kegiatan
Guru menyuruh perwakilan dari masing maisng kelompok untuk menjelaskan definisi rata – rata dari hasil diskusi yang telah dilakukan. Setelah itu, guru mengkonstruksi pemahaman siswa tentang konsep rata-rata data tunggal pada bilangan asli berdasarkan referensi.
3.      Hipotesis Lintasan Belajar
Siswa akan menyampaikan argumentnya masing masing-sesuai denbgan pemahaman mereka tentang rata-rata pada masalah yajng telah didiskusikan.














Bahan/Media
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Anggota Kelompok:
1.      ______________________________________
2.      ______________________________________
3.      ______________________________________
Perhatikan ilustrasi berikut !
Ada tiga orang anak yang membeli kelereng yakni anak pertama membeli 5 kelereng, anak kedua membeli 3 kelereng dan anak yang ketiga membeli 4 kelereng. Berapakah rata-rata kelereng yang dibeli oleh ketiga anak tersebut ?.

Untuk dapat menetukan rata – rata kelereng yang dibeli, diskusikan dengan teman sekelompokmu tentang:
1.        Bagaimana cara mendaftarkan permasalahan diatas dalam bentuk table berikut:
Anak ke-
Jumlah Kelereng yang dibeli
Jumlah Kelereng seluruhnya
( ∑xi )
Banyak anak yang membeli  kelereng
( n )
Rata –rata
I




II

III


2.        Kemudian, bagaimanakan caramu mencari rata-rata kelereng yang sudah didaftarkan diatas ?
3.        Bagaimanakah kamu akan menyampaikan solusimu tentang konsep rata-rata data tungal pada bilangan asli kepada kelompok lainnya dalam kongres matematika nantinya ?










Lembar Kerja 1
1.    Apakah LK sesui dengan peruntukannya?
2.    Apakah konsep matematika yang dijabarkan pada LK sesuai dengan konsep matematika yang sebenarnya?
Catatan pakar:
 



























Evaluasi Secara Umum:
1.    Apakah urutan kegiatan pembelajaran tersusun secara logis? Jika tidak, bagian manakah yang perlu untuk diubah atau diperbaiki?














2.    Apakah rancangan pembelajaran sudah sesui dengan pembelajaran matematika realistik? Jika tidak, bagian manakah yang perlu untuk diubah atau diperbaiki?














3.      Apakah rancangan pembelajaran ini sudah layak untuk diujicoba? Jika tidak, bagian manakah yang perlu








Komentar

  1. hay kak ahyan. ini asri adik tingkatnya kakak, gimana kabarnya? asri pakek ini buat referensi PMR. sebelumnya makasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Bangun Ruang SD Kelas V Semester II

RUMAH BACA UNTUK ANAK-ANAK DI DESA TA’A_KEMPO