HIPOTESIS LINTASAN BELAJAR
HIPOTESIS LINTASAN BELAJAR
A.
Tujuan
Pembelajaran
Membantu siswa untuk memahami konsep menentukan rata-rata data
tunggal pada bilangan asli.
Indikator:
1)
Siswa dapat
menentukan jumlah data pada data tunggal bilangan asli misalnya: data ( 27 79
69 40 55 88 61 42 36 61 ) jadi jumlah data adalah (27 + 79 + 69 + 40 55 + 88 +
61 + 42 + 36 + 61 = 558 )
2)
Siswa dapat
menentukan banyak data pada data tunggal bilangan asli misalnya: data (27 79 69
40 55 88 61 42 36 61 = 10 )
3)
Siswa dapat
menentkan dan mengetahui persamaan atau rumus
menetukan rata – rata data tunggal pada bilangan asli misalnya:
B.
Prasyarat siswa
sasaran
Siswa telah memahami:
1.
Konsep bilangan
asli
2.
Konsep
penjumlahan bilangan pada bilangan asli
3.
Konsep
pembagian pada bilangan asli
4.
Konsep angka
penting
5.
Konsep notasi
sigma (
)
|
Tujuan
dan Indikator
1.
Apakah indikator sesuai dengan
tujuan pembelajaran ?
2.
Apakah konsep matematika yang
dijabarkan pada tujuan dan indikator sesuai dengan konsep matematika yang
sebenarnya ?
3.
Apakah tujuan pembelajaran
beserta indikatornya dapat dicapai dalam satu kali tatap muka?
4.
Apakah materi prasyarat sudah
sesuai dengan syarat siswa mencpai tujuan pembelajaran ?
Catatan
pakar:
|
C. Kegiatan 1: Eksplorasi Masalah (±10 menit)
1. Tujuan Pembelajaran
Memperkenalkan kontek masalah kepada siswa sebagai dasar untuk
mengarahkan siswa kepada ide awal mengenai konsep rata-rata data tunggal pada
bilangan asli.
2. Bentuk kegiatan
Guru mengajak
siswa untuk menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan jumlah data
dan banyak data. Pertama guru memaparkan sebuah masalah matematika sebagai
berikut:
Ada tiga orang anak yang membeli kelereng yakni anak pertama
membeli 5 kelereng, anak kedua membeli 3 kelereng dan anak yang ketiga membeli
4 kelereng. Berapakah rata-rata kelereng yang dibeli oleh ketiga anak tersebut
?.
Jika siswa telah memahami
masalah tersebut, Setelah itu, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
dan Setiap kelompok terdiri dari 3
orang.
3. Hipotesis Respon Siswa
Siswa
akan memperhatikan penjelasan konteks masalah yang disampaikan oleh guru setelah itu siswa akan
membagi dirinya menjadi beberapa kelompok. Siswa membagi dirinya menjadi
beberapa kelompok dengan berbagai macam pertimbangan dan siswa akan mengalami
perdebatan mengenai pemilihan anggota kelompoknya.
D.
Kegiatan 2: Kongres Matematika (±15 menit)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Menghimpun
informasi dari kegiatan pembelajaran sebelumnya sebagai bahan diskusi untuk
mengarahkan pemahaman siswa mengenai rata – rata data tunggal pada bilangan
asli.
2.
Bentuk kegiatan
Siswa melakukan
diskusi kelompok dan memecahkan konteks masalah yang disampaikan oleh guru pada
kegiatan sebelumnya. Setelah itu, menyuruh siswa untuk mendaftarkan hasil
diskusi pada table berikut:
Tabel:
Rata-rata data tunggal
|
Anak ke-
|
Jumlah Kelereng yang dibeli
|
Jumlah Kelereng seluruhnya
( ∑xi )
|
Banyak anak yang membeli
kelereng
( n )
|
Rata –rata
|
|
I
|
|
|
|
|
|
II
|
|
|||
|
III
|
|
3.
Hipotesis
lintasan belajar
Siswa akan saling memberikan
pendapat dan usulan tentang hasil analisisnya terhadap konteks masalah yang
disampaikan oleh guru dan siswa tidak akan mengalami kesultian dalam mengisi
kolom-kolom pada tabel sesuai dengan konteks masalah.
E.
Kegiatan 3: Kegiatan Lanjutan (±20 menit)
1.
Kegiatan
Pembelajaran
Menemukan rata
– rata dari konteks masalah yang telah disampaikan.
2.
Bentuk Kegiatan
Guru
memerintahkan perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil kerja kelompoknya denga cara mencari rata-rata dari konteks masalah yang
telah disampaikan dipapan tulis dan menjelaskannya.
3.
Hipotesis
Lintasan Belajar
Siswa akan memilih perwakilan dari kelompoknya yang akan
mempresentasikan hasil diskusi dan siswa biasanya akan merasa mengalami
ketakutan dan tidak percaya diri untuk menyampaikan hasil diskusinya.
F.
Kegiatan 3: Kegiatan Akhir (±15 menit)
1.
Kegiatan
Pembelajaran
Guru
mengkonstruksi pemahaman siswa mengenai rata-rata data tunggal pada bilangan
asli
2.
Bentuk kegiatan
Guru menyuruh
perwakilan dari masing maisng kelompok untuk menjelaskan definisi rata – rata
dari hasil diskusi yang telah dilakukan. Setelah itu, guru mengkonstruksi
pemahaman siswa tentang konsep rata-rata data tunggal pada bilangan asli
berdasarkan referensi.
3.
Hipotesis
Lintasan Belajar
Siswa akan
menyampaikan argumentnya masing masing-sesuai denbgan pemahaman mereka tentang
rata-rata pada masalah yajng telah didiskusikan.
Bahan/Media
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Anggota Kelompok:
1. ______________________________________
2. ______________________________________
3. ______________________________________
Perhatikan
ilustrasi berikut !
Ada tiga orang anak yang membeli kelereng yakni anak pertama
membeli 5 kelereng, anak kedua membeli 3 kelereng dan anak yang ketiga membeli
4 kelereng. Berapakah rata-rata kelereng yang dibeli oleh ketiga anak tersebut
?.
Untuk dapat
menetukan rata – rata kelereng yang dibeli, diskusikan dengan teman
sekelompokmu tentang:
1.
Bagaimana cara mendaftarkan permasalahan diatas dalam
bentuk table berikut:
|
Anak ke-
|
Jumlah Kelereng yang dibeli
|
Jumlah Kelereng seluruhnya
( ∑xi )
|
Banyak anak yang membeli
kelereng
( n )
|
Rata –rata
|
|
I
|
|
|
|
|
|
II
|
|
|||
|
III
|
|
2.
Kemudian, bagaimanakan caramu mencari rata-rata
kelereng yang sudah didaftarkan diatas ?
3.
Bagaimanakah kamu akan menyampaikan solusimu tentang konsep
rata-rata data tungal pada bilangan asli kepada kelompok lainnya dalam kongres
matematika nantinya ?
|
Lembar Kerja 1
1.
Apakah LK sesui dengan peruntukannya?
2. Apakah
konsep matematika yang dijabarkan pada LK sesuai dengan konsep matematika
yang sebenarnya?
Catatan pakar:
|
Evaluasi Secara Umum:
1.
Apakah urutan kegiatan pembelajaran tersusun secara
logis? Jika tidak, bagian manakah yang perlu untuk diubah atau diperbaiki?
2.
Apakah rancangan pembelajaran sudah sesui dengan
pembelajaran matematika realistik? Jika tidak, bagian manakah yang perlu untuk
diubah atau diperbaiki?
3.
Apakah
rancangan pembelajaran ini sudah layak untuk diujicoba? Jika tidak, bagian
manakah yang perlu
hay kak ahyan. ini asri adik tingkatnya kakak, gimana kabarnya? asri pakek ini buat referensi PMR. sebelumnya makasih ya
BalasHapusAlhamdulillah.Semoga bermanfaat ya.
Hapus